Inilah Survival Kit yang Wajib Dibawa Saat Berpetualang di Alam Bebas

Berpetualang di alam bebas saat ini sudah menjadi salah satu kegemaran untuk hampir sebagian besar orang. Alasannya tentu saja karena alam bebas yang mampu menawarkan banyak sekali tantangan yang mampu memicu adrenalin. Meski demikian, jangan sampai Anda menantang alam. Meski alam sangat indah dan ramah, namun di kondisi tertentu alam mampu garang dan membunuh siapapun, termasuk mereka yang berpetualang di alam namun tak cukup persiapan. Persiapan yang dimaksud tak hanya makanan dan pakaian semata, namun juga tentang survival kit.

 survival-kit

Tak bisa dipungkiri jika memang resiko dan juga ancaman hampir akan selalu ada ketika Anda berada di alam bebas. Tentu untuk para pendaki, penting sekali untuk tahu akan pengetahuan yang ada di alam bebas. Selain itu persiapan lainnya juga adalah dengan memiliki peralatan keselamatan untuk bertahan hidup di alam liar. Hal ini karena setiap pendaki tidak pernah ada yang tahu apa yang akan terjadi selama berpetualang di alam mengingat alam tak pernah bisa diprediksi secara pasti.

Jika Anda berencana untuk berpetualang ke alam yang liar, maka berikut ini beberapa rekomendasi peralatan keselamatan untuk bertahan hidup yang wajib dibawa:

1. Peralatan kesehatan dan P3K

Untuk peralatan keselamatan untuk bertahan hidup pertama adalah peralatan kesehatan dan juga P3K. Jangan pernah meremehkan P3K dan peralatan kesehatan karena segala kemungkinan dapat terjadi saat Anda ada di luar. Beberapa yang perlu dibawa misalnya obat pusing, mual, perban, plaster dan juga obat untuk penyakit Anda pribadi. Jika memungkinkan, bawa juga jarum dan benang untuk jahitan jika dikhawatirkan ada robek di tas atau pakaian Anda nantinya. Survival kit ini adalah yang terpenting.

2. Peralatan shelter dan kehangatan tubuh

Lanjut ke peralatan keselamatan untuk bertahan hidup lainnya yakni peralatan shelter dimana untuk tempat tinggal Anda misalnya dengan adanya flysheet sehingga angin dan air tak akan masuk tenda. Selain itu jas hujan dan juga selimut pun wajib Anda bawa sebagai penghangat dan langkah jaga-jaga untuk lindungi tubuh dari kedinginan. Jika memilikinya, maka sleeping bag bisa Anda bawa. Kini sudah ada sleeping bag murah yang bisa Anda beli di toko online dan mungkin akan jadi pilihan tepat.

3. Peralatan untuk sinyal darurat

Sesuai yang sudah dijelaskan di awal dimana kondisi di alam bebas tak sama dengan di rumah. Selalu ada suatu hal berbahaya yang mungkin terjadi meski Anda sudah melakukan banyak persiapan sebelumnya. Untuk itu pastikan miliki kompas, cermin, peta dan peluit dimana semuanya bisa dipakai sebagai navigasi dan juga alat sinyal darurat. Peluit untuk memberi tanda di anggota regu lain. Selain itu ada juga cermin yang bisa pantulkan sinar matahari sehingga diharapkan ada yang bisa tangkap sinyal itu.

4. Peralatan makan dan minum darurat

Yang dimaksud tentu bukan piring dan gelas, namun peralatan makan dan minum ketika kondisi Anda darurat dan kehabisan semua stok makanan. Peralatannya misalnya kail pancing, pisau ukuran kecil dan alat lainnya sehingga diharap bisa bantu dapatkan makanan.

Itulah beberapa peralatan keselamatan untuk bertahan hidup yang wajib ada di tas Anda sebelum berpetualang. Cek kembali apakah semua survival kit itu sudah Anda bawa semuanya. Ketika di alam bebas, pastikan jaga kelestarian dengan buang sampah pada tempatnya dan ikut pada aturan.

Advertisement

No comments.

Leave a Reply