Kelembutan Sikap, Modal Utama Pengajaran Ideal

Kelembutan Sikap, Modal Utama Pengajaran Ideal

Meskipun berpendidikan tinggi, guru tetap memiliki peluang kegagalan yang besar. Gelar, bukanlah jaminan keberhasilan. Bahkan bisa menjadi bumerang menuju kegagalan, apabila terlalu percaya diri dengan ilmu yang telah dimilikinya.
Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha, selebihnya kita tetap bergantung kepada keputusan Allah SWT untuk hasil akhirnya.
Apalagi masalah yang paling sering dan penting untuk di hadapi adalah MURID. Murid adalah anak manusia, sedangkan manusia dengan segala kehidupannya masih tetap misterius. Manusia tidak dapat dihadapi dengan rumus – rumus baku yang dihafal dan dicatat.
Sikap guru yang terlalu yakin dengan kemampuannya hingga mengabaikan peran Allah SWT, akan membuatnya kehilangan kekuatan jiwa tatkala menjumpai masalah.
Sebaliknya, bila guru selalu menyerahkan hasil usaha pendidikannya kepada Allah SWT, niscaya ia akan senantiasa berada di dalam situasi yang seimbang antara harap dan cemas yang merupakan akan membuat hatinya lunak. Sehingga lebih mudah berlaku lembut dan menerima keadaan siswa apa adanya.


Nah, kelembutan sikap akan membuahkan cinta, dan cinta akan semakin merekatkan hubungan guru dengan para siswanya. (Pendidikan adalah dunia yang lahir dari rahim kasih sayang).

Advertisement

No comments.

Leave a Reply