Tips Menghindari Kesalahan Pada Saat Transaksi Dengan Paypal

Tips Menghindari Kesalahan Pada Saat Transaksi Dengan Paypal

Dua hari yang lalu secara kebetulan seorang teman minta di buatkan akun paypal. Proses pembuatan di sini adalah membuat dan sekaligus memverifikasi dengan Kartu kredit. Proses selesai dengan aman dan lancar cukup dengan membayar Rp. 45.000 ke jasa verifikasi paypal, rekening paypal sudah terverifikasi selama tiga tahun.
Seperti sudah banyak di ketahui Paypal adalah sitem pembayaran untuk membeli baik produk jasa ataupun produk barang dengan sitem online dimana transaksi kebanyakan berasal dari luar negeri, atau bahasa sederhananya sistem pembayar yang tidak bisa di laukan dengan bank lokal. Seperti kebnayakan teman yang meminta untuk di buatkan akun paypal ini bertujuan untuk membeli domain dan hosting di situs penyedia hosting dan domain luar negri yang tentu saja hanya melayani pembayaran via credit card dan paypal. 
Setelah paypal terisi saldo sebanyak 35$ segera di lakukan transaksi untuk pembelian domain di situs www.name.com, selang waktu antara membuat rekening paypal dan melakukan pembelian saldo paypal serta melakukan pembayaran adalah 12 jam atau belum mencapai 24 jam bahkan 1 minggu. Proses pembelian tidak berjalan lancar dan sialnya akun paypal di suspend seumur hidup yang oleh paypal di anggap melakukan trasaksi yang mencurigakan. Tentu saja hal ini sedikit tidak mengenakkan karena 35$ ( 425.000 rate dolar 12.150) yang baru saja di beli melayang sia-sia. Kejadian ini memang baru pertama saya alami dan tentu saja saya mencoba menganalisa dan kira-kira beberapa hal ini yang menyebabkan akun paypal di suspend untuk seumur hidup.
Proses Pembuatan Akun Paypal.
Proses pembuatan di sini yang di maksud adalah IP komputer yang di gunakan. Teman saya ini membuat akun paypal ndompleng IP Wifi  Speedy walaupun dengan laptop sendiri. Paypal sebagaimana Google Adsen sangat sensitif dengan IP, kesalahannya adalah IP pada saat pembuatan atau verifikasi berbeda dengan IP pada saat melakukan transaksi. Jadi di wajibkan pada saat membuat akun paypal gunakan koneksi internet Anda sendiri dan pada saat melakukan transaksi gunakan koneksi IP yang sama seperti pada saat membuat rekening paypal. 
Proses Pada Saat Berbelanja Dengan Paypal
Terus terang saya tidak pernah belanja domain dan hosing di www.name.com, proses belanja di situs penyedia domain dan hosting ini berbeda dengan situs situs lainya sepeti www.goodady.com, www.hawkhost.com dimana dalam proses pembuatan akun sendiri untuk memverifikasi akun  menggunakan fasiltas call atau menelpon langsung dari Amerika. Proses verifikasi di sini adalah nomor telepon yaitu jkode angka sebanyak 4 huruf dan tentunya dengan bahasa Inggris. Sialnya pada saat proses verifikasi ini kondisi HP kurang bagus dan suara tidak terlalu jelas dan bisa di tebak perlu mengulang 2 kali untuk mendapatan kode verifikasi. 
Akun terverifikasi, proses penjualan kembali mengalami kendala dimana pada saat proses check out ada proses I gree atau persetujuan yang kelewat tidak di centang dan sialnya proses ini di ulang sebanyak 4 kali yang tentunya kembali login ke akun paypal sebanyak empat kali pula. Nah pada proses ini paypal tentunya curiga terhadap transakasi yang di lakukan, empat kali gagal oleh paypal di anggap akun terdeteksi di gunakan oleh orang lain, dasar pedoman paypal adalah IP yang berbeda yang di gunakan pada saat melakukan pembelian bebeda dengan IP pada saat pembuatan.
Untuk di ketahui juga pada saat teman saya melakukan transaksi akun di www.name.com yang di gunakan sebelumnya sudah terproses di check out paypal namun karena lupa password dan email proses chek out terpaksa di batalkan dan melakukan transaksi dengan melakukan registrasi ulang dengan membuat akun dengan alamat yang sama di www.name.com, situs ini sedikit berbeda dengan situs lain dimana pada saat check out akan di peroleh email berisi pemberitahuan total tagihan dan proses pembayaran namun di www.name.com tidak di berikan. Menurut saya dua akun dengan alamat yang sama berpengaruh juga terhadap paypal tentunya ini akibat dari IP yang berbeda pula. 
Tips Belanja Yang Aman di Paypal
Agar terhindar dari kesalahan fatal seperti di suspend seumur hidup pada saat berbelanja dengan paypal berikut ini triknya:
  1. Buat akun paypal dengan IP yang sama pada saat Anda berbelanja atau membeli saldo Paypal
  2. Isi saldo paypal Anda setelah jangka waku 1 minggu setelah terverifikasi
  3. Jangan berbelanja sebelum satu minggu akun paypal tersebut di buat atau terverifikasi.
  4. Biasanya pada saat berbelanja sebelum Anda Check out Anda akan memperoleh email yang isinya total yang harus dibayarkan, jika tidak bisa melakukan transakis pada waktu itu di karenakan saldo paypal tidak mencukupi batalkan proses, lakukan pembayaran kembali dengan masuk ke tautan di email yang sudah di berikan. Proses ini untuk menghindari dobel check out transaksi yang sudah pending sebelumnya.
  5. Usahakan berbelanja dengan menggunakan PC yang sama pada saat Anda melakukan proses pembuatan akun paypal. Hal ini memang tidak mutlak namun hanya untuk berjaga-jaga saja apalagi jika akun paypal Anda baru terverifikasi. 
  6. Cermati setiap petunjuk yang tertera di website penjual domain atau hosting, jangan sampai terjadi kesalahan yang mengharuskan kita login paypal berulang kali. 
Semoga tips ini berguna bagi Anda yang baru saja memiliki akun paypal dan yang ingin berbelanja dengan menggunkan Paypal. Semoga saja kejadian serupa ini tidak terjadi bagi Anda. Saya ucapkan selamat berbelanja dengan paypal. 🙂

Advertisement

No comments.

Leave a Reply